Selasa, 11 April 2017

Review Les di Elfast, Kampung Inggris Pare, Kediri


Hai semuanya, aku ingin berbagi pengalaman selama 1 bulan ketika les di Elfast, Kampung Inggris, Pare, Kediri. Aku memilih periode 10 Januari 2017 karena pada saat itu, aku ingin mengisi waktu liburan kuliah dengan kegiatan yang positif. Untuk lebih rincinya, aku membagi reviewku ke dalam beberapa bagian. Check it out!

1.    Akomodasi dari Stasiun Kediri ke Pare

Sebenernya, awalnya aku berangkat pertama kali ke Pare, lebih memilih untuk naik travel, karena ini jujur pertama banget perjalanan ke luar provinsi, dan sendirian. Tapi, di pertengahan minggu pertama, aku dapat kabar kalau tim lomba yang aku ikuti bersama temen aku, lolos ke semifinal. Jadi terpaksa harus meninggalkan seminggu pelajaran di Pare.
Nah, sekembalinya aku ke Pare, aku lebih milih naik kereta, karena udah tau harus naik apa dan ngehubungin siapa. Kebetulan temen aku memberikan nomor telepon angkot yang biasa antar jemput Pare sampai ke Stasiun Kediri atau sebaliknya. Tarifnya juga cukup murah, hanya 20ribu. Ini nih nomor teleponnya: 085784635257 (Pak Wawan). Kayaknya bapak ini cukup terkenal bagi mereka yang udah biasa bolak balik ke Pare. Bapak ini juga udah hafal jam berapa aja keretanya berangkat dan tiba. Jadi bapaknya biasa menyesuaikan waktu berangkat dari Pare atau jemput di Stasiun Kediri. Untuk keretanya, karena aku dari Semarang, aku memilih untuk naik kereta Brantas, tarifnya sendiri Rp84.000.

2.   Kondisi Pembelajaran

Nah, untuk kondisi pembelajaran, aku ada beberapa saran buat temen-temen yang akan belajar ke Pare.
1.    Tentukan dahulu, ingin belajar apa di Pare. Grammar/ Speaking / Writting / fokus ke TOEFL / fokus ke IELTS?

2.   Nah, kalau sudah tau mau fokus kemana, tentukan tempat les yang sesuai dengan fokus yang diinginkan. Sebaiknya baca-baca dulu sebanyak-banyaknya review mengenai tempat les yang cocok dengan fokus temen-temen. Tempat les mana yang bagus untuk belajar grammar? Atau tempat les mana yang bagus untuk belajar speaking?.

3.   Setelah menentukan tempat les, tentukan program yang ingin diambil. Nah, sebelum mengambil program yang diinginkan, sebaiknya ukur kemampuan diri sendiri terlebih dahulu. “Kira-kira aku mampu gak ya, kalau langsung belajar TOEFL?” atau  “kira-kira aku terlalu dini gak ya kalau ambil dari dasar?” . karena ini penting banget. Jangan sampai kita salah ambil program karena ternyata kita ga cocok atau program itu terlalu cepat pembelajarannya sedangkan kita masih banyak yang belum paham dan tidak bisa menyesuaikan diri. 
    Atau seperti saya sendiri, yang merasa kurang cocok dengan pembelajaran di program yang saya ambil. Karena saat itu, kondisi grammar bahasa inggris saya lumayan baik, dan saya cukup cepat belajar bahasa inggris, sedangkan program yang saya ambil terlalu basic dan sangat pelan-pelan dalam mengajarkan materi.
    Sebenernya ini sangat cocok buat temen-temen yang memang belum begitu menguasai basic grammar. Tutor-tutor juga sangat baik dan sabar dalam mengajar.  
    Jadi, sebaiknya ukur terlebih dahulu kemampuan diri sendiri, dan pilih program-program yang dirasa sesuai dengan kemampuan diri sendiri. Kalau kurang yakin, anda bisa tanya pada orang-orang yang udah pernah ke Pare, tentunya banyak orang yang menulis review mengenai pengalaman mereka di Pare.

4.   Setelah memilih tempat les dan program, lakukan pendaftaran. Untuk Elfast, bisa langsung ke websitenya http://daftar.elfast-pare.com/. Atau selain Elfast, bisa daftar melalui https://www.kampung-inggris.com/.

Untuk pengalaman pribadi aku sendiri, kemarin aku memilih untuk les di Elfast. Kenapa Elfast? Pertama, aku memfokuskan diri untuk belajar grammar. Kedua,  setelah membaca berbagai review, saya menyimpulkan bahwa Elfast merupakan lembaga yang tepat untuk belajar grammar dan persiapan TOEFL.

Kemudian, saya memilih program E-Fast 1 yang mengajarkan basic grammar. Program ini menghabiskan waktu 1 bulan. Nah program ini hanya ada di periode 10.  Program ini menggabungkan basic program 1 dan basic program 2, yang harusnya masing-masing dari program itu dilakukan dalam 1 bulan, tapi dipersingkat jadi 1 bulan untuk gabungan 2 program tersebut.

Elfast dari samping

Menurut saya pribadi, tutornya baik, dan sabar. Tempat belajarnya nyaman. Ilmu yang diajarkan juga disampaikan dengan baik dan mudah dipahami. 
Hanya saja, yang saya sesalkan bagi saya pribadi adalah saya merasa saya salah pilih program. Saya kurang tepat dalam mengukur kemampuan diri sendiri. Waktu yang saya miliki saat itu hanya 1 bulan di Pare, dan sebenernya tujuan akhir saya belajar grammar adalah untuk TOEFL, jadi saya merasa apa yang saya pelajari di program E-Fast 1 terlalu pelan-pelan. Karena kebetulan kemampuan grammar saya cukup, dan juga saya pernah les sewaktu SMP, dan saya juga cukup cepat belajar bahasa inggris, maka saya merasa bahwa alangkah lebih baik jika saya lebih cepat belajar untuk persiapan TOEFL dengan mengambil program persiapan TOEFL di Elfast, sehinga persiapan untuk TOEFL tidak memakan waktu yang lama.

Bagi temen-temen yang merasa masih kurang dalam basic grammarnya, program E-Fast 1 ini bagus. Karena pengajarnya juga sabar, dan pelan-pelan dalam mengajarkan materi-materi grammar. Untuk yang menginginkan fokus ke TOEFL tapi basic masih kurang, sebaiknya ambil program E-Fast 1 terlebih dulu, baru setelah itu ambil program persiapan TOEFL. Sehingga ketika masuk ke kelas persiapan TOEFL, basic nya sudah dimatangkan di E-Fast 1 dan sudah siap untuk belajar soal-soal TOEFL.
Untuk tarif program E-Fast 1 (10 Januari 2017), sebulan sebesar Rp450.000.  


3.   Makan, Laundry, Tempat Tinggal

·        Untuk makan sendiri, disini cukup murah. Kalau di warteg, antara 5.000 – 10.000 . Hanya saja, ada beberapa teman saya yang kurang cocok. Beberapa yang kurang cocok dengan makanan disini adalah mereka yang berasal dari luar Jawa. Tapi selama 1 bulan di Pare, karena menurut aku makanannya ga jauh berbeda dengan yang ada di Semarang, jadi aku ga pernah punya masalah dengan makanan di Pare.
·        Untuk Laundry tarifnya variatif, mulai dari 3.500 per kg – 5000 per kg.
·        Untuk tempat tinggal, aku memilih kost. Kenapa? Karena saat itu program yang aku ambil adalah paket E-fast 1, yang mana menggabungkan antara basic program 1 dengan basic program 2. Dan waktu belajarnya pun setiap hari Senin sampai Jumat dari jam 05.30-07.00, 07.00-08.30, 10.00-11.30, dan 16.00-17.30. ditambah ada bonus kelas speaking 11.30-12.30.  karena waktu yang cukup padat, saya lebih memilih kost sekamar berdua yang tentunya lebih nyaman, lebih bisa konsentrasi untuk belajar. Sedangkan kalau memilih camp, biasanya di malam hari, akan ada tambahan pembelajaran dari pihak camp, dan sekamar biasanya lebih dari 2 orang. Karena saat itu fokus saya adalah grammar, dan belajar grammar di Elfast cukup padat jadwalnya, saya lebih memilih untuk tinggal di kost. Sehingga waktu pulang kost bisa saya manfaatkan untuk belajar atau istirahat. 

Nah, kemarin saya memilih untuk kost di Zafira Kost di Jalan Kemuning. Disana sekamar berdua. Ada wifi, kipas angin, TV di ruang tamu, dapur, kamar mandi luar. Ibunya ramah, baik. Setiap pagi pasti bersihin kos dan tiap malam ibunya juga bersihin kamar mandi. Jadi dijamin kebersihannya. Untuk tarifnya sebesar Rp400.000 sebulan. Untuk kontaknya: 081314784864 (Zafira Kost).  




Maafkan kondisi kamar yang berantakan-_-


pemandangan depan kost-an

Dan yang paling enak dari kos disini adalah deket banget sama Elfast. Jadi awalnya aku sempet nyesel nyewa sepeda, karena kenyataanya aku hanya pakai sepeda tiap mau ke atm, beli buku atau mau makan di tempat yang agak jauh dikit dari Jalan Kemuning. Sedangkan tiap hari berangkat les ke Elfast, aku lebih milih untuk jalan. Karena lebih cepet dan ga perlu parkir sepeda hehe.

·        Untuk sewa sepeda, aku sewa di HF di Jalan Brawijaya. Deket sama gang Jalan Kemuning. Tarifnya tergantung sepedanya. Karena kemarin aku ga begitu pemilih masalah sepeda, aku dapat yang harga 60ribu / bulan. Tapi agak rugi karena jarang aku pakai-_-.


Nah bagi kalian yang mudah bosen dan ingin jalan-jalan, di Pare juga banyak agen travel yang menyediakan paket wisata. Selama 1 bulan di Pare, aku sempet ikut wisata ke Kawah Ijen yang menghabiskan tarif sebesar Rp175.000 . Selain itu, banyak paket wisata yang menyediakan perjalanan ke Gunung Kelud, Gunung Bromo, Malang, Baluran, Bali, dll. Tarif yang harus dibayar pun juga tidak terlalu mahal. Jadi bagi yang mudah bosen, jangan khawatir, karena setiap Sabtu-Minggu bisa menghabiskan waktu di luar Pare. 

Bagi yang ingin jalan-jalan pakai motor, disana juga banyak sewa motor. Tarifnya bervariatif tergantung pada jam dan jenis motornya. Ketika di Pare, saya sempat menyewa motor jenis Honda Beat untuk pergi ke Kota Kediri dengan biaya sebesar Rp50.000/12 jam.

Tarif Sewa Motor

Bagi temen-temen yang mau ke gereja, kalau Gereja Katolik yang ada di Pare, yaitu Gereja St.Mateus Pare. Dari Elfast sendiri jaraknya kurang lebih 4 km. Kalau sabar, kalian bisa naik sepeda. Tapi kalau ingin yang cepat, berhubung bisa sewa motor, kalian bisa sewa motor.


Sekian review dari aku, mohon maaf kalau ada yang kurang berkenan, dan terimakasih bagi kalian yang meluangkan waktu untuk membaca. 
Semoga bermanfaat yaa. J
Share:

15 komentar:

  1. kak, saya bisa minta cp kakak ? saya mau tanya-tanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo dwi. Bisa email aku di ursula.trufvisa97@gmail.com yaa hehe

      Hapus
  2. Kak, utk biaya kos itu satu org 400k atau satu kamar 400k?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Satu orang 400 :)) di pare semua kos, hitungnya per orang :)

      Hapus
  3. aku mau kepare juga tahun depan, rencananya mau di elfast 2 bulan. bisa email aku di linaindrayanti332@yahoo.com ? banyak yg mau ditanyain...

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Halo Ursula, setelah menyelesaikan program grammar di elfast tsb apakah mendapatkan sertifikat?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mbak, maaf baru balas. untuk sertifikat di efast 1 ini ada ujiannya. seinget saya ada 3 tahap ujian. yang berhak dapat sertifikat adalah mereka yang bisa lulus ujian sampai tahap ketiga. kurang lebih seperti itu. :)

      Hapus
  6. hai, aku mau tanya dong mbak tentang hal ini:
    1. apa disana ada tempat fitnes/gym?
    2. kalo sewa motor, apa sudah termasuk bensin (sudah diisi full oleh yg menyewakan) dan juga dipinjemin helm ga?
    3. bagaimana kulalitas kecepatan internet operator tri, xl, dan telkomsel?
    4. apa disana ada gojek/grab?
    5. makan dgn budged 5000 rupiah tuh dapet apa sih?

    maaf ya pertanyaanya nyeleneh, tapi emang butuh informasi itu wkwk makasih mbaa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo aku jawab ya:
      1. Waduh untuk tempat itu aku ga pernah cari tau hehe. So sorry^^
      2. Untuk motor, nanti bakal dipinjemin helm, untuk bensinnya tergantung pas km pinjem, udh ada bensinnya atau belom, kalo udh abis yaa isi sendiri, kalo pas km pinjem ternyata udh penuh ya tinggal make. Tp ada bbrp rental yg mau dikembaliin sesuai dengan kondisi awal bensin motornya. Contoh: km minjem dlm kondisi full, ya dibalikin dlm kondisi full. (Kondisional bgt depends on rental motornya)
      3. Kemarin aku pake indosat, dan baik2 saja. Kalo provider lain aku krg tau hehe
      4. Terakhir juli 2017 aku kesana blm ada gojek, tapi januari 2018 pas bgt temenku les disana, dia pake gojek buat nganterin dari stasiun kediri sampai ke pare.
      5. Wah juli 2017, 5000 dapet banyak hehe. Terakhir menu murah favoritku harga 3.500 udh dapet nasi, kangkung, tempe goreng^^, tapi gatau ya skrg mungkin udh naik hehe.

      Semoga membantu ya. Goodluck!:)

      Hapus
  7. Dari zafira kos ke atm bri bisa jalan kaki?

    BalasHapus
    Balasan
    1. haloo maaf baru balas. kalau ke atm bri seingetku lebih deket pake sepeda. tapi ya bisa jalan kaki walau lumayan jaraknya :)

      Hapus
  8. kak saya ada email ke kakak, semoga kakak baca ya

    BalasHapus